full screen background image
Search
Friday 18 August 2017
  • :
  • :

Pamit di Akmil, Presiden SBY Pesan TNI Harus Kuat

Tinggal beberapa hari akan mengakhiri masa jabatannya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menghadiri upacara bersama TNI-Polri di Akademi Militer, Magelang, Jateng, Jumat (17/10) pagi.

Dalama acara yang dihadiri oleh Panglima TNI Jendral Moeldoko, para Kepala Staf TNI dan Kapolri Jendral Sutarman itu, Presiden SBY mengatakan, di hari terakhirnya mengemban tugas sebagai Kepala Negara, ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran TNI dan Polri. “Semoga TNI dan Polri tetap jaya sepanjang masa,” ujarnya.

Menurut Presiden SBY, 10 hari yang lalu, tepatnya tanggal 7 Oktober saat dilaksanakan hari TNI di Surabaya, Jatim, rakyat menyaksikan dengan suka cita bahwa tentara kita makin kuat, makin siap, dan siaga untuk menegakkan kedaulatan dan keutuhan wilayan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Rakyat Indonesia berharap tentara kuat, kalau tentara kuat, kepolisian kuat, maka negara juga kuat. Sebaliknya, kalau tentara lemah dan polisi lemah, negara juga lemah,” tutur SBY seraya mengingatkan para prajurit TNI akan sumpahnya, bahwa negara harus kuat untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Presiden menegaskan, TNI yang kuat penting karena menjadi amanah konstitusi UUD 1945 untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI. Berbagai ancaman akan selalu terus ada, maka Indonesia haris siap, TNI dan Polri harus siap, kita semua juga harus siap.

“Kita harus bisa mencegah dan mengatasi gerakan insurgensi gerakan melawan negara dimanapun. Kalau tidak bisa mencegah menanggulangi aksi aksi teror negara. Kita juga harus bisa menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” papar SBY.

Dalam kesempatan itu, Presiden SBY juga berkesempatan meresmikan pembentukan skuadron udara – 16 (Vijayakantaka Abhyastivirayate) dan Batalyon Infanteri – 10 Marinir Satria Bhumi Yudha.

Acara yang sekaligus perpisahan SBY sebagai presiden tersebut dihadiri oleh Menko Polhukam Djoko Suyanto, Panglima TNI Jendral Moeldoko, Kapolri Jendral Sutarman, para kepala staf angkatan, dan ribuan prajurit TNI.

(Humas Setkab/RAM/ES)




Leave a Reply